Program Lokakarya Pembelajaran Pengembangan Destinasi Wisata

Program Lokakarya Pembelajaran Pengembangan Destinasi Wisata

Australia Awards menyelenggarakan lokakarya mengenai pengembangan destinasi dan produk pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Humbahas, Jakkon Halomoan Marbun, megatakan bahwa lokakarya ini dilaksanakan selama lima hari, yaitu mulai tanggal 4-9 Februari lalu. “Kegiatan ini menyasar ke para pemangku kepentingan di level pemerintahan dan juga komunitas di Humbahas,” ujarnya, Senin (14/3/2022), di Doloksangggul.

Program lokakarya ini berfokus dalam membangun koordinasi antar institusi pemerintahan di tingkat kabupaten, agar dapat berkolaborasi dan melaksanakan tugas serta fungsi keterlibatan masing-masing dalam pengembangan destinasi di Humbang Hasundutan, khususnya Kecamatan Baktiraja.

Kegiatan ini berjalan dengan seluruh peserta diajak untuk bekerja sama antar institusi dalam memberikan solusi atas permasalahan aktual pariwisata menggunakan beberapa peralatan yang disediakan oleh para ahli dari Wise Steps Group (WSG). Sedangkan, untuk pemangku kepentingan di level komunitas Kabupaten Humbahas, diberikan lokakarya terkait perencanaan pemasaran, perumusan strategi promosi, serta pengembangan produk pariwisata.

Diharapkan lewat program ini dapat tercipta dua produk yang dikreasikan oleh komunitas yang didampingi selama program berlangsung. Dan wacana produk yang akan dihasilkan melalui program ini, adalah branding sebagai identitas yang menguatkan dan menambahkan nilai dari produk serta layanan lokal, kemudian sebuah paket pengalaman wisata melalui kegiatan bersepeda.

Program lokakarya ini berlangsung selama lima hari di dua hotel yang berbeda, yakni Nowly Hotel Kecamatan Doloksanggul dan Senior Bakara Hotel Kecamatan Baktiraja. Kegiatan lokakarya melibatkan para tenaga ahli, diantaranya Moch Nalendra (CEO Wise Steps Consulting), Mateo Bierschneider (CEO Wise Steps Travel), Ferry Sabam Samosir (Swisscontact) sebagai pembicara tamu untuk lokakarya tata kelola desitinasi.

Komunitas juga didampingi langsung oleh Hidayat Nur Faizi (Program Coordinator Wise Steps Foundation) hingga program ini selesai. Dengan begitu, jalur komunikasi antara komunitas dan tenaga ahli dapat tetap terjaga serta sekaligus memastikan tujuan utama program dapat tercapai sesuai harapan.