Destination Branding, Dorong Pariwisata Berkelanjutan di Bakkara Toba

     

       Masyarakat di Kecamatan Baktiraja (Bakkara), Kabupaten Humbang Hasundutan, Danau Toba bersama Wise Steps Foundation meluncurkan branding destination dan UMKM Baktiraja, Lake Toba’s Secret Valley, serta produk wisata The Baktiraja Cycling Tour di acara komunitas Bernama Saturday Night in Baktiraja, di Wisma Nasional, Bakkara, Sabtu (16/4/2022).

               Project Manager Wisestep Foundation, Mochamad Nalendra menjelaskan kegiatan berbentuk pelatihan, workshop, dan pendampingan dalam program “Peningkatan Kapasitas untuk Ketahanan Destinasi dan Produk Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Humbang Hasundutan” yang dilaksanakan mulai November 2021 hingga April 2022, telah menelurkan dua buah keluaran program yang menekankan pada pembangunan identitas Baktiraja sebagai destinasi yang memiliki sejarah dan atraksi petualangan yang dikemas dalam sebuah destination branding.

              Secara umum, program ini dirancang untuk mendukung pemangku kepentingan pariwisata di kawasan Danau Toba agar memperkuat pengetahuan mereka tentang praktik pariwisata berkelanjutan. Kabupaten Humbang Hasundutan dipilih menjadi fokus program karena potensi pariwisata yang besar, serta dukungan yang telah diberikan pemerintah pusat, khususnya di sekitar situs Geopark Danau Toba di Baktiraja seperti kemudahan akses ke atraksi, papan interpretasi, homestay, dan lainnya

             Acara peluncuran produk dan branding telah diresmikan oleh pemangku kepentingan seperti Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Humbang Hasundutan, Camat Baktiraja, Program Manager Wise Steps Foundation, dan perwakilan komunitas Baktiraja di acara Saturday Night at Baktiraja.

            Acara yang digagas oleh masyarakat Baktiraja ini juga dihadiri oleh masyarakat, beberapa kepala desa, komunitas sepeda, dan pemerintah. Selain peluncuran, ada juga pameran UMKM Baktiraja, lomba karaoke, pentas seni budaya, dan tur sepeda mengelilingi Baktiraja.