2 Desa Wisata di Humbang Hasundutan, Masuk Nominasi Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022

2 Desa Wisata di Humbang Hasundutan, Masuk Nominasi Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022

Anugrah Desa Wisata Indonesia ( ADWI), merupakan sebuah program kerja unggulan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, yakni Sandiaga Uno. Anugrah Desa Wisata Indonesia disebut sebagai pengembangan desa pariwisata yang menjadi satu dari sekian program unggulan Kemenparekraf ( Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ). Tujuan dari program ADWI ini sendiri adalah sebagai sarana penggerak di bagian pemulihan sektor wisata dan ekonomi kreatif. Pada tahun 2021, ADWI mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, serta keinginan masyarakat agar program ini dijalankan lebih lanjut. Sebanyak 3000 desa wisata dari 34 provinsi, di tahun 2022 yang menjadi penargetan pengembangan oleh Kemenparakraf, salah satunya adalah desa desa yang berada di Humbang Hasundutan.

Humbang Hasundutan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Sumatra Utara, Indonesia dan beribu kotakan Doloksanggul. Kabupaten Humbang Hasundutan terdiri dari 10 kecamatan, 1 kelurahan, dan 153 desa dengan luas wilayah mencapai 2.335,33 km² dan jumlah penduduk sekitar 195.111 jiwa (2017) dengan kepadatan penduduk 84 jiwa/km². Kabar baik untuk Kab. Humbahas, terdapat 2 desa dari Kabupaten Humbahas yang masuk ke dalam nominasi Anugrah Desa Wisata Indonesia. Yakni Desa Sihombu, Kecamatan Tarabintang, dan Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja

Desa Sihombu, merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Tarabintang dan masuk ke dalam nominasi 100 besar di Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Mata pencaharian penduduk desa Sihombu adalah bertani dan berkebun. Desa ini mendapatkan perhatian dari Kemenparakraf untuk melakukan pengembangan dan diharapkan menjadi salah satu desa penggerak di sektor wisata, dan ekonomi kreatif.

Desa Simamora, merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Baktiraja. Desa ini juga turut masuk ke dalam nominasi 500 besar di Anugrah Desa Wisata Indonesia. Desa ini terkenal dengan wisata-wisatanya yang menarik, seperti Arung Jeram Aek Silang, River Tubing Simamora, Simamora Bycle, dan lainnya. Desa ini diharapkan juga turut berkembang dari segi wisata dan mampu menunjang di sektor wisata, dan ekonomi kreatif.